1 Oktober 2024

Sudan — Dalam rangka mempererat ukhuwah islamiyyah antaranggota, Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Cabang Sudan mengadakan kegiatan berkuda bagi anggota putra IKPM Sudan di Maidan Furusyiah, Khurtum Utara, Sudan, Sabtu (13/2/2021).

Setiap peserta yang hadir dianjurkan untuk membawa 200 pounds untuk biaya latihan ini. Kegiatan dimulai pada pukul 8 pagi (waktu Sudan) sampai menjelang Dzuhur.

Dengan menyediakan tiga kuda, para peserta saling bergiliran untuk menaikinya. Setiap kuda diperuntukkan bagi satu kelompok yang terdiri dari 3-4 orang, kemudian diajarkan dasar-dasar latihan berkuda.

Bagian Pendidikan IKPM Sudan selaku penyelenggara kegiatan mengatakan bahwasanya kegiatan berkuda ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan sunnah Rasulullah SAW, yakni anjuran berkuda dan memanah.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah:

كلُّ شيءٍ ليس من ذِكْرِ اللهِ فهو لَهْوٌ أو سَهْوٌ إلا أربعَ خِصَالٍ : مَشْىُ الرجلِ بينَ الغَرَضَيْنِ -المَرْمَى- وتأديبُه فَرَسَهُ ومُلَاعَبَتُهُ أهلَه وتعليمُه السِّبَاحَةَ (أخرجه الطبراني)

“Setiap hal yang tidak ada dzikir kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan renang.” (HR Ath-Thabarani).

Seusai latihan berkuda, segenap anggota IKPM Sudan melanjutkan kegiatan dengan tajammu’ pisang ma’an.“Harapannya setelah diadakannya beberapa rangkaian acara pada hari ini adalah agar anggota IKPM Sudan bisa lebih baik dan berkembang dan terus erat silaturrahimnya,” ujar Ketua IKPM Sudan, Ustadz Dzulfahmi. (Agung Wicaksono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *