1 Oktober 2024

PPIKPM.GONTOR.AC.ID, BOGOR — IKPM Gontor Cabang Bogor mengadakan pengajian rutin bulanan alumni Gontor lintas marhalah di kediaman H. Dadang Hasbullah, Bogor (21/12). Perlu diketahui bahwa tanggal ini bertepatan dengan tanggal lahirnya salah satu Trimurti Pendiri Pondok Gontor, yaitu KH. Zainuddin Fannanie.

Pengajian bulanan IKPM Bogor kali ini mengambil tema “Refleksi Akhir Tahun 2018”. Sebagai pemateri, Drs. KH. Sanusi Azhari, Ketua Dewan Penasihat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, menyampaikan nasihat tentang akhlak dan karakter nabi. “Sesungguhnya Rasul diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia,” jelas alumnus Gontor angkatan 1963 ini.

Kiai Sanusi menanyakan kepada jamaah yang hadir, apakah sudah ada yang mempersiapkan bekal kematian? Karena itulah hakikat hidup di dunia. Beliau juga menasehatkan agar ulama jangan sampai beralih fungsi dari mengajar ke profesi lainnya. Beliau mengutip salah satu perkataan Imam Al-Ghazali dalam kitab Minhajul Abidin, yaitu: “Ulama yang berubah fungsi dari mengajar ke profesi lain merupakan ulama yang paling bodoh.”

Rep.: Olief Zaki
Red.: Mujib Abdurrahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *