1 Oktober 2024

Gontor – Oleh: Adifa Nuriz

Laba atau keuntungan ialah tujuan utama dalam melakukan usaha atau bisnis. Pasti, setiap pedagang dan pebisnis itu yang dicari adalah berapa besar laba-nya? Pemahaman ini mungkin tidak berlaku bagi anggota Forbis IKPM Gontor.

Konsep laba atau keuntungan tidak mesti berbentuk uang dan materi. Keuntungan yang lebih besar bisa berbentuk jaringan bisnis, meningkatnya omset bisnis, brand yang semakin dikenal masyarakat, bahkan kesempatan dalam mengikuti berbagai peluang seminar, pameran, dan lain-lain juga didapatkan.

Dalam Islam, tujuan bisnis ialah mencari keberkahan dan keridhaan Allah sebagai implementasi dari wa la tansaa nashiibaka min al-dunyaa. Tidak hanya sekedar mencari penghidupan, namun lebih dari itu, suatu usaha bisnis dapat melahirkan CSR (Corporate Social Responsibility) yang dapat dikelola untuk kepentingan umat Islam.

Oleh karena itu, keseimbangan antara dunia dan akhirat, menciptakan lapangan pekerjaan, menstabilkan antara produksi dan konsumsi sebenarnya berada di atas pundak para pengusaha.

Selamat berbisnis semoga penuh keberkahan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *